Arsitektur Masjid Kubah Emas Depok

Arsitektur Masjid Kubah Emas Depok

Arsitektur Masjid Kubah Emas Depok Semua orang pasti setuju, jika Masjid Kubah Emas Depok memiliki desain arsitektur yang luar biasa indah dan megah. Namun, tidak banyak orang yang mengetahui darimana ide desain masjid tersebut berasal. Ide atau konsep dan desain pembangunan masjid ini juga dari tangan sang pendiri masjid yakni Dian Al – Mahri.

Dian mengungkapkan, jika mendapatkan ide desain Masjid Kubah Emas Depok dari arsitektur masjid di Timur Tengah yang memiliki kubah, menara masjid, dan halaman dalam yang luas. Maka tak heran jika Masjid Kubah Emas di Depok memiliki nuansa Timur Tengah yang sangat khas.

Ekterior  Masjid Kubah Emas Depok

Di bagian luar masjid terdapat satu kubah utama dan empat kubah kecil yang kesemuanya dilapisi dengan emas setebal 2-3 milimeter dan mosaik kristal. Jika diperhatikan, bentuk kubah utama masjid ini terlihat seperti kubah Masjid Taj Mahal yang terkenal, dengan diameter dasar 16 meter, diameter tengah 20 meter, dan tinggi 25 meter.

Sedangkan empat buah kubah kecil dibuat dengan diameter alas 6 meter, bagian tengah 7 meter, dan tinggi 8 meter. Selain itu, penggunaan detail dekoratif atau dekorasi dengan elemen geometris dan obelisk yang sering diterapkan pada masjid di Timur Tengah juga diterapkan pada kubah dan pilar masjid.

Untuk menaranya sendiri, terdapat enam menara berbentuk heksagonal atau heksagonal yang berada di pelataran Masjid Kubah Emas Depok. Enam menara tersebut melambangkan rukun iman dalam ajaran Islam. Kemewahan juga terlihat dari enam menara Masjid Kubah Emas Depok. Pasalnya, menara itu dibalut granit abu-abu dengan ornamen melingkar yang didatangkan dari Italia.

Interior Masjid Kubah Emas Depok

Interior Masjid Kubah Emas Depok juga dibangun dengan material premium dan sangat mewah. Lihat saja lampu gantung di masjid. Diketahui, lampu tersebut didatangkan langsung dari Italia dengan bobot mencapai 8 ton. Yang lebih menarik lagi adalahrelief hiasan mimbar, pagar, dan kaligrafi di langit-langit masjid juga terbuat dari emas 18 karat.

Selain itu, 168 tiang mahkota Masjid Kubah Emas Depok juga dibuat dengan lapisan prado atau residu emas, sehingga terlihat sangat mewah dan indah. Dominasi warna krem ​​yang digunakan pada interior masjid membuat suasana lebih tenang dan hangat. Dan warna biru dengan  gambar awan putih di langit-langit membuat tampilan masjid semakin indah.

Indonesia mempunyai banyak masjid pedesaan yang berada dibeberapa daerah terpencil, yang juga tidak begitu sebagus dengan masjid-masjid yang berada diatas tadi, karena itu banyak yang menggalang dana untuk membangun masjid-masjid di pedesaan yang terpencil agar layak digunakan serta bagus untuk di nikmati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *